10 kiat untuk membangun komunikasi yang efektif dengan pasangan

Hampir setiap pasangan mengeluh terkait masalah komunikasiSebagian besar wanita mengeluhkan tentang suami mereka yang tidak mau berbagi perasaannya, dia tertutupatau dia tidak tahu mengungkapkan keinginannya dengan cara-cara yang bisa menyenangkan istrinya.

Kurangnya komunikasi atau komunikasi yang salah kadang bisa menjadi bumerang dalam suatu pernikahanJika pria tidak tahu bagaimana mengungkapkan keinginan mereka dengan benar, tidak tahu bagaimana cara menjadi pendengar yang baik, atau tidak tahu bagaimana menyelesaikan konflik dalam rumah tangga mereka, maka mereka akan menghadapi masalah yang berlarut-larut dalam kehidupan pernikahan mereka, bahkan berujung kepada perceraian. Bukankah banyak pasangan yang bercerai karena alasan komunikasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan komunikasi yang efektif dengan pasangan Anda.

1. Mulailah dengan kata “saya” dalam percakapan Anda dan jangan memulai kalimat dengan ‘kamu”KatakanlahSaya merasa diabaikan ketika kamu tidak menyiapkan makan malam” daripada mengatakanKamu tidak pernah menyiapkan makan malam untukku.”

2. Berusahalah untuk merendahkan suara Anda jika marah, dan berusaha menahan diri dari menyebut panggilan yang buruk.

3. Berusahalah untuk memahami terlebih dahulu sebelum dipahamiSulit, tapi sangat efektif!

4. Bagilah pemikiran dan perasaan dengan pasangan Anda untuk membuatnya merasa bahwa dia merupakan bagian penting dari dunia Anda.

5. Jangan memberikan satu kata jawaban. Cobalah untuk menguraikan jawaban dan penuhi keingintahuannya. Perempuan memang suka banyak bertanya, dan itu menunjukkan bahwa dia peduli terhadap Anda.

6. Dengarkan dengan penuh perhatian. Saat istri Anda bicara serius, tentu hal yang menyinggung baginya jika Anda mendengarkannya sambil Ada sibuk dengan handphone Anda, atau tayangan TV. Jika istri Anda bicara dengan serius, lihatlah matanyadengarkan, dan sadari keberadaannya. Wanita senang dipandang!

7. Berikan istri Anda pujian atas segala sesuatu yang Anda sukai darinya. Istri Anda membutuhkan kepastian dari Anda tentang kecantikannya, tentang cinta Anda untuknyatentang masakannya, dan lain-lain.

8. Pahami perasaannya. Cobalah mengatakan hal-hal yang membuatnya merasa dimengertiKatakan padanya bahwa Anda memahami mengapa dia bersedihbahwa dia berhak untuk merasa terluka atau terabaikanAkan berkibat fatal jika Anda mengatakan kepada istri Anda bahwa dia salah telah memiliki perasaan demikian.

9. Jika Anda memerlukan sesuatu, katakan kepadanya dengan kelembutan dan kebaikan tanpa kesan kasar atau menuntutJika seorang wanita merasa bahwa dia seperti diperintah untuk melakukan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannyadia akan menolak. Jika Anda memintanya dengan ramah dan membuatnya merasa istimewa, istri Anda akan dengan segera melakukannya untuk Anda.

10. Jangan pernah membandingkan dirinya kepada siapa pun untuk membuatnya berubah. Sikap Anda yang membandingkan pasangan Anda dengan orang lain akan berakibat buruk terhadap hubungan pernikahanmenimbulkan permusuhan dan menimbulkan perasaan tidak mampu dari Istri AndaJika Anda ingin dia untuk memperbaiki beberapa hal dari kebiasannya yang buruk atau apapun, berikan pujian terhadap apa yang sudah dia lakukan dengan benar. Dengan pujian Anda tersebut, maka dia akan berusaha untuk melakukannya yang lebih baik lagi dan berusaha untuk merubah kekeliruannya dan tabiatnya yang kurang baik.

Demikian beberapa tips untuk membangun komunikasi yang efektif dengan istri Anda. Cobalah mulai sekarang, sebagai upaya untuk menyelamatkan hubungan penikahan Anda sejak dini, sebelum masalah membesar dan sulit untuk diperbaiki lagi.

Selamat menikmati kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah!

Recommended For You

Kisah Nabi Ilyasa as

Kisah Nabi Ilyasa- Ia putra dari paman Nabi Ilyas. Melaksanakan dakwah setelah Nabi Ilyas wafat. Karenanya dalam berdakwah ia berpegang pada syari'at dan metode nabi Ilyas. Al Qur'an tidak menguraikan tentang Nabi Ilyasa. Hanya dijelaskan.   "Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, D ...

5 Adab Wajib Bagi Kaum Wanita

Sebagaimana dimaklumi bahwa kaum wanita berkedudukan sama dengan kaum laki-laki dalam hal menjalankan syariat Alloh azza wajalla. Hal tersebut karena kaum wanita adalah syaqoiq(saudara kandung)nya kaum pria. Sehingga seluruh syariat Alloh yang dijelaskan di dalam al-Quran maupun as-Sunnah wajib ditu ...