Alhamdulillah, Erdogan Berhasil Cabut Aturan Pelarangan Jilbab di Lembaga Negara dan Sekolah

Alhamdulillah , perjuangan politisi Islam di Turki yang dipimpin oleh Erdogan akan mencabut  peraturan  yang melarang wanita mengenakan jilbab , atau jilbab Islam , pada lembaga-lembaga negara , Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Senin, 30 September dalam pidatonya.

” Kami akan terus melakukan apa pun yang akan menyenangkan rakyat kami , ” tambah Erdogan .

Pencabutan larangan jilbab termasuk dalam kebijakan pemerintahan terkait reformasi domestik yang terungkap di antara paket demokratisasi pemerintahan Erdogan pada hari Senin kemarin.

Menurut Erdogan , pemerintah akan menghapus larangan jilbab di lembaga publik , kecuali hakim, jaksa , polisi dan anggota militer , sebagai bagian dari amandemen hukum sekuler artikel kelima .

Hijab , sebelumnya dilarang digunakan di gedung-gedung publik , universitas , sekolah dan gedung-gedung pemerintahan di Turki sejak kudeta militer tahun 1980.

Para tokoh elit sekuler Turki , termasuk para jenderal , hakim dan rektor universitas , sangat menentang pencabutan larangan jilbab ini.

Pada tahun 2008 , Erdogan telah berhasil mengubah  konstitusi dan mencabut  aturan yang melarang penggunaan  jilbab di universitas .

Kemudian pada November 2012 , Pemerintahan Erdogan juga  telah berhasil  mencabut aturan yang melarang penggunaan  jilbab di sekolah-sekolah Islam. Berdasarkan perubahan terbaru ini tersebut , siswi di sekolah-sekolah Islam  diizinkan untuk memakai jilbab .

Bahkan para siswi di sekolah umum pun  juga akan dapat memakai jilbab dalam pelajaran Alquran . Perubahan mulai berlaku dari tahun ajaran akademik 2013-2014 .

Erdogan juga menegaskan bahwa akan ada hukuman bagi pihak siapapun  yang berupaya mencegah penganut  agama mengamalkan ajaran agama mereka secara bebas .

” Kami juga akan meningkatkan hukuman dari kejahatan atas kebencian untuk melawan diskriminasi , ” kata Erdogan.

” Kami akan mendirikan sebuah lembaga untuk melawan setiap diskriminasi , ” tambahnya . (Aljazeera/KH)

Recommended For You

Memahami Dua Jenis Rezeki

“Alhamdulillah, baru saja dapat rezeki”. Ketika mendengar kalimat ini, kebanyakan orang berpikir bahwa obyek yang sedang dibicarakan dalam kalimat tersebut adalah rezeki duniawi, lebih khusus lagi adalah rezeki berupa harta. Kalau kita mau mencermati, sebenarnya rezeki berupa harta adala ...

Bahaya Tidur Setelah Sholat Subuh

Waktu Pagi Kita telah ketahui bersama bahwa waktu pagi adalah waktu yang penuh berkah dan di antara waktu yang kita diperintahkan untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, pada kenyataannya kita banyak melihat orang-orang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja, m ...