Putin, Erdogan Mahmoud Abbas Resmikan Masjid Terbesar Eropa di Rusia

Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan masjid terbesar di Eropa yang terletak di Moskow. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ikut meresmikan masjid tersebut.

Dilansir BBC, Rabu (23/9/2015) Masjid Jum'ah tersebut bisa menampung 10.000 jemaah. Menurut keterangan tertulis dari KBRI Moskow, masjid nan megah ini diberi nama Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet.

Foto: Putin dan Mahmoud Abbas saat meresmikan (reuters)

Putin mengatakan bahwa ini akan menjadi pusat spiritualitas dan pendidikan yang nantinya akan menyatukan seluruh agama yang berbeda. Putin juga memuji para pemimpin muslim di Rusia yang tidak menoleransi tindakan ekstremisme.

"Umat muslim Rusia telah kembali setelah memberikan kontribusi besar bagi sejarah Rusia. Nilai-nilai humanis seperti juga agama lainnya yang mengajarkan keadilan, belas kasihan dan mencintai orang lain ada di Islam," ungkap Putin.

Foto: Erdogan pun turut meresmikan (reuters)

Masjid Jum'ah berdiri pada titik yang sama setelah tempat ibadah itu pernah dirubuhkan. Biaya pembangunan sepenuhnya didanai oleh donor.

Foto: Interior masjid yang megah (reuters)

 

 

 

Recommended For You

Kisah Nabi Syuaib as

Nabi Syu'aib ialah seorang Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dalam Islam yang juga namanya turut disebut didalam al-Qur'an. Baginda Nabi Syu'aibdipercayai ialah berasal dari keturunan Nabi Ibrahim as. Baginda Nabi Syu'aib telah dipertanggungjawabkan oleh Allah untuk menja ...

Cara Islam Mengangkat Derajat Kaum Hawa (Bag.2)

Ketika kaum jahiliah merasa malu apabila memiliki anak perempuan sehingga mereka tega menguburnya hidup-hidup, Al-Quran setelah sebelumnya memberi penjelasan yang jelas tentang kedudukan kaum wanita yang sesungguhnya di masyarakat, beserta hak-hak dan kewajiban yang dimilikinya langsung mempertanyak ...