Putin, Erdogan Mahmoud Abbas Resmikan Masjid Terbesar Eropa di Rusia

Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan masjid terbesar di Eropa yang terletak di Moskow. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ikut meresmikan masjid tersebut.

Dilansir BBC, Rabu (23/9/2015) Masjid Jum'ah tersebut bisa menampung 10.000 jemaah. Menurut keterangan tertulis dari KBRI Moskow, masjid nan megah ini diberi nama Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet.

Foto: Putin dan Mahmoud Abbas saat meresmikan (reuters)

Putin mengatakan bahwa ini akan menjadi pusat spiritualitas dan pendidikan yang nantinya akan menyatukan seluruh agama yang berbeda. Putin juga memuji para pemimpin muslim di Rusia yang tidak menoleransi tindakan ekstremisme.

"Umat muslim Rusia telah kembali setelah memberikan kontribusi besar bagi sejarah Rusia. Nilai-nilai humanis seperti juga agama lainnya yang mengajarkan keadilan, belas kasihan dan mencintai orang lain ada di Islam," ungkap Putin.

Foto: Erdogan pun turut meresmikan (reuters)

Masjid Jum'ah berdiri pada titik yang sama setelah tempat ibadah itu pernah dirubuhkan. Biaya pembangunan sepenuhnya didanai oleh donor.

Foto: Interior masjid yang megah (reuters)

 

 

 

Recommended For You

Keluhan Istri Kepada Suami

Kisah ini menceritakan sepasang suami istri yang memiliki tujuh orang anak. Suatu hari, suaminya melihat sang istri sedang menangis sambil memasak makanan.  Melihat hal itu, suami bertanya, "Wahai Istriku, apa yang teijadi denganmu? Apa yang membuatmu menangis?"  "Aku menangis karena mera ...

Kisah Suami Yang Diduakan Oleh Istrinya Karena Bantal

Seminggu setelah menikah, aku baru mengetahui bahwa istriku mempunyai suatu kebiasaan. Jika ia tidur, ia harus mendekap sebuah bantal guling—yang menurutnya sudah menemaninya semenjak ia kelas satu SLTP, “Bantal guling ini pemberian almarhum ayah, Mas. Dan aku sudah terbiasa ditemani dia ...