Selain Anjuran Rasulullah, Berenang Juga Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Berenang merupakan salah satu olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW selain memanah dan berkuda. Meskipun tergolong tidak bikin capek dibandingkan jenis olahraga lain, ternyata ada banyak manfaat renang bagi tubuh Anda. Berikut ulasan tentang manfaat olahraga berenang yang dikutip dari deherba :

Renang adalah jenis olahraga aerobik yang bisa membantu Anda mencegah obesitas, membentuk kekuatan otot, meredakan stres, mengurangi sakit punggung, dan bahkan bermanfaat untuk penyembuhan kanker payudara. Olahraga renang juga memiliki keunggulan dari berbagai jenis olahraga lain, yaitu ini aman dan bagus dilakukan oleh ibu hamil.

Bagi yang suka, berenang bukan hanya soal kesehatan, tetapi karena mereka merasa gembira ketika berada di dalam air mengikuti alunan arus. Karena itulah, manfaat renang bukan hanya bagi tubuh tetapi juga bagi kesehatan mental.

Ketika Anda berenang, Anda menggunakan berbagai bagian atas hingga bawah tubuh sehingga kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular tubuh Anda semakin dikuatkan.

Manfaat renang juga berhubungan dengan mekanisme kerja tubuh Anda. Jika dilakukan di waktu cuaca sedang panas, berenang akan membantu tubuh mengurangi suhu panasnya sehingga memperbarui energi tubuh dengan cara yang menyegarkan.

Olahraga renang membangun kekuatan dan energi tubuh dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh jenis olahraga lainnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exteremadura di Spanyol, berenang di air hangat bahkan dapat meringankan rasa sakit pada tubuh Anda.

Di zaman sekarang, semakin banyak orang belajar renang karena mereka menyadari bahwa olahraga ini menyenangkan. Sekarang mari kita bahas satu per satu mengenai manfaat renang bagi tubuh, seperti yang dilansir oleh situs organicfacts.net.

Mencegah Obesitas: Berenang adalah olahraga yang sangat baik dilakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Olahraga ini membakar banyak sekali kalori dari dalam tubuh karena bermacam-macam bagian tubuh Anda saling bekerja sama untuk menyelesaikan gerakan renang. Rata-rata Anda akan membakar 800 sampai 900 kalori dalam waktu 1 jam berenang. Karena alasan inilah banyak orang memilih olahraga renang agar tetap langsing dan sehat.

Menyingkirkan Stress: Jenis olahraga aerobik ini dapat membuat Anda rileks dan meningkatkan energi tubuh. Banyak orang merasakan bahwa mereka seperti dibebaskan dari beban stress dan khawatir setelah menyelesaikan sebuah sesi renang.

Memperkuat Stamina: Orang-orang yang berenang secara teratur memiliki daya tahan jantung yang kuat serta stamina otot yang bagus. Mereka juga lebih mungkin untuk cepat sembuh dari cedera otot. Jika merasa tubuh Anda saat ini gampang capek, mungkin manfaat renang bagi tubuh ini dapat membantu memperkuat stamina tubuh.

Meringankan Sakit dan Nyeri: Karena renang tidak menegangkan jaringan-jaringan ikat dalam tubuh, maka olahraga ini sangat baik dilakukan oleh para penderita keterbatasan fisik. Aktivitas berenang juga dapat membantu meringankan sakit dan nyeri yang dialami oleh para penderita sakit punggung kronis, serta penderita artritis dan osteoporosis.

Bagus Untuk Kehamilan: Manfaat renang bagi tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Tetapi ternyata bukan hanya kesehatan tubuh Anda sendiri, melainkan juga kesehatan janin dalam kandungan Anda. Gerakan renang memperkuat otot perut sekaligus otot bahu. Karena itu berenang dapat meredakan nyeri sendi dan gejala-gejala tidak enak badan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan. Sebuah penelitian oleh Melpomene Institute of Minneapolis menyatakan bahwa wanita hamil yang rutin berenang jadi lebih tahan terhadap bahaya keguguran.

Penyembuhan Kanker Payudara: Para ahli medis menunjukkan bahwa ada manfaat renang bagi para pasien kanker payudara yang telah menjalani operasi untuk menguatkan otot-otot mereka yang melemah. Akan tetapi, para ahli medis menyarankan agar semua pasien kanker payudara berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk rutin berenang.

YANG PERLU DIWASPADAI SAAT BERENANG

Meskipun ada banyak manfaat renang bagi tubuh, tetapi perlu diakui bahwa olahraga renang tidak bebas dari risiko. Anda perlu waspada terhadap bahaya infeksi kulit, infeksi telinga dan mata, diare, dan demam. Jika Anda sebelumnya pernah mengalami masalah-masalah tadi setelah berenang, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum melanjutkan rutinitas berenang.

Anda juga perlu mengoleskan tubuh dengan tabir surya (sunscreen) sebelum terjun ke dalam kolam, khususnya jika ingin berenang di luar ruangan. Tabir surya dapat melindungi kulit Anda dari panasnya sinar matahari yang sanggup membakar kulit.

Waspadai juga bahaya dari berbagai bakteri, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang biasa hidup di dalam air laut, danau, kolam, dan mata air di air terjun.

Para perenang di berbagai belahan dunia merasakan bahwa ini adalah jenis olahraga yang sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap bugar, langsing, dan sehat. Berapapun usianya, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia, semuanya bisa menuai manfaat renang bagi tubuh mereka. Anak-anak yang suka berenang dibantu pertumbuhan dan perkembangan otot serta tulang mereka sehingga seringkali mereka akan tumbuh lebih tinggi.

Mereka yang sudah berusia tidak lagi muda pun bisa merasakan manfaat renang, misalnya untuk meringankan sakit dan nyeri pada persendian yang biasa dialami para lansia.

Recommended For You

Bisa Hidup Mandiri

Di awal pernikahan, kami masih tinggal di rumah orang tua dan terpikirlah untuk mencoba mandiri. Ketika menceritakan kepada orang tua, kami malah dilarang. Dan suatu hari tanpa sengaja mendengarkan ceramah dari satu ustadz tentang sedekah yang akan mengabulkan semua permohonan. Sejak saat itu, maka ...

Kisah Nabi Yusuf as

Nabi Yusuf As adalah salah satu dari 12 orang putra Nabi Ya'qub As. Rasa sayang Ya’qub yang berlebihan terhadapnya membuat saudara-saudaranya menjadi iri hati terhadapnya. Lebih dari itu, wajah Yusuf pun jauh lebih tampan dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain.   ...